Monday, November 9, 2015

11:50 PM - 1 comment

Kisah Perjalanan Nabi

1. Temukan 2 ayat di Al-Quran mengenai perjalanan Nabi dan Rasul
2. Temukan 1 kisah perjalanan Nabi/Rasul baik fisik maupun spiritual
3. Apa latar belakang perjalanan tersebut
4. Ceritakan dengan ringkas perjalanan tersebut
5. Apa hasil yang didapat dari perjalanan untuk nabi/rasul tersebut maupun umatnya
6. Apa makna perjalanan tersebut untuk saya

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (Q.S Al Isra (17):1)
“Dan ceritakanlah Idris di dalam Al-Qur’an. Sesungguhnya ia adalah orang yang sangat membenarkan dan seorang Nabi, dan kami telah mengangkatnya ke martabat yang tinggi.” (QS Al-Anbiya:85-86).
2. Kisah Nabi Idris as. saat diangkat untuk melihat surga dan neraka.

3. Nabi Idris as. Ingin melihat neraka dan surga untuk menguatkan imannya, agar takut setelah melihat neraka dan agar lebih ingin masuk surga setelah melihat nikmat-nikmatnya.

4. Jadi, Nabi Idris as. memanggil malaikat Izrael karena beliau ingin melihat surga dan neraka untuk menguatkan imannya. Ini permintaan yang aneh, karena para malaikat juga takut melihat neraka.  Tapi keinginan Idris untuk menguatkan imannya sangat kuat, jadi Izrael mengantarnya ke pintu neraka.
Di sana, mereka bertemu dengan malaikat Malik, sang penjaga neraka. Mukanya sangat menakutkan. Malik sedang menyiksa orang-orang yang durhaka.
Idris as. tidak kuat melihatnya, dan saat mendekati apinya, beliau langsung pingsan. Tidak ada pemandangan yang lebih mengerikan disbanding itu.
Idris as. meninggalkan tempat itu dan kemudian dibawa Izrael ke pintu surga. Di depannya itu malaikat Ridwan yang mukanya tampan. Sikapnya sopan dan ramah. Ridwan membuka pintu surga untuk mereka. Idris as. Hamper pingsan melihat tempatnya. Beliau hanya bisa berkata “Subhanallah… Subhanallah…” saking mempesonanya.
Idris as. meminta izin untuk meminum air dari sungainya. Airnya begitu segar dan luar biasa enak. Idris as. tidak mau keluar dari tempat itu.
Saat diturunkan lagi ke ‘Ard, Idris as. beribadah dengan lebih mantap dari sebelumnya.

5. Setelah perjalanannya ke surga dan neraka, Nabi Idris as. jadi lebih beriman.


6. Hanya karena beberapa detik di dekat neraka, Nabi Idris as. pingsan. Saya jadi takut; sangat-amat takut, karena suasana di pintu neraka itu hanya sepele disbanding apa yang ada di dalam neraka. Saya ingin lebih menguatkan iman dan beribadah.

1 comments:

Pilihan kisah yang menarik sekaligus mendalam, Raka... Turut mengingatkan pembaca melalui pesan di dalamnya :)

Post a Comment